06 Maret 2021
Headline News

Komisi II DPRD Tangsel Sharing Informasi Penemuan Radioaktif Nuklir

Komisi II DPRD Tangsel mengadakan Rapat terkait Sharing Informasi ditemukannya Radioaktif Nuklir di Perumahan Batan Indah Kecamatan Setu pada hari Kamis Pukul 09.00 WIB di ruang Rapat Komisi II DPRD Kota Tangerang Selatan (20/02/2020). Rapat tersebut dipimpin oleh H.Sukarya (Ketua Komisi II) dan dihadiri dari pihak DPRD oleh Alex Prabu (Anggota Komis II), Paramitha Messayu, S.Si., M.Sc. (Anggota Komis II), Dr. H. Mathodah S, M.Si (Anggota Komis II), Pihak Pemerintah Kota oleh Deden Deni, SE (Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan), Pihak Badan Tenaga Atom Nasional diwakili oleh Suryantoro (Deputi Teknologi Energy Nuklir), Chevy Cahyana (Kepala Bidang Pemantauan Dosis Personik dan Lingkungan),  dan Agus Sumaryanto (Kepala Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir) serta wartawan media cetak maupun online.

Untuk temuan radiasi nuklir itu bermula pada saat Bapeten mencoba alat pendeteksi radiasi yang baru uji coba meliputi wilayah Pamulang, Perumahan Dinas Puspiptek, wilayah Muncul, Kampus ITI, Perumahan Batan Indah, dan Stasiun KA Serpong, pada tangal 30 s/d 31 Januari 2020.

Sebelumnya, Batan dan Bapeten telah melakukan pembersihan radiasi radioaktif selama enam hari dengan mendapatkan 119 drum tanah dengan volume 100 liter per drum yang diangkut ke Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) Batan. Hingga saat ini waktu clean up terus dilakukan sampai batas yang aman.