20 April 2024
Headline News

Sinergi Pemberantasan Korupsi, KPK ajak DPRD Tangsel Kolaborasi

Sinergi Pemberantasan Korupsi, KPK ajak DPRD Tangsel Kolaborasi

SETU - DPRD Kota Tangerang Selatan menerima kunjungan dari Komisi Pemberantasan Korupsi, pertemuan yang berlangsung di Ruang Aspirasi ini turut dihadiri oleh pimpinan DPRD Kota Tangerang Selatan beserta Anggota DPRD Kota Tangerang SelDalam Sambutannya Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan H. Abdul Rasyid S.Ag.,M.Ap, berkata "Dalam upaya mencapai sasaran-sasaran pembangunan sebagaimana disebutkan, kita semua harus saling berkolaborasi, bekerja sama dan bergotong-royong sesuai dengan tugas dan wewenang yang telah diamanatkan pada kita semua. dengan implementasi Good Govetment secara simultan, hal tersebut akan menjamin ketercapaian sasaran-sasaran pembangunan yang telah kita tetapkan bersama. dalam agenda mencapai good goverment, upaya pemberantasan korupsi merupakan salah satu variabel penting kita sebagai penyelanggara negara. oleh karena itu, penguatan sinergi kolaborasi antara DPRD Kota Tangerang Selatan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia merupakan wujud nyata dari kolaborasi dan kerjasama."

Pertemuan yang berlangsung di ruang aspirasi ini, dihadiri oleh ketua Satgas Pencegahan Wilayah II Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Priyanto, dalam paparannya beliau menyatakan korupsi kerap terjadi berada di wilayah perencanaan dan penganggaran. Menurut beliau, celah penyalahgunaan wewenang dan korupsi seringkali terjadi didaerah, akibat kurangnya monitoring dari Pemerintah Daerah (Pemda), dan Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

Bapak Agus Priyanto menyampaikan, Monitoring Center For Prevention (MCP) dapat menjadi salah satu cara dalam melakukan pencegahan korupsi, dengan MCP Masyarakat dan Pemda dapat berkontribusi dalam melaporkan indikasi-indikasi pada tindak korupsi.

"Saya sampaikan dalam beberapa kesempatan, MCP merupakan alat dipemerintah daerah untuk mengecek tata kelola, sehingga korupsi agaknya susah untuk dilakukan. sehingga untuk mencegah korupsi ada tools namanya MCP."

Agus juga mengingatkan kepada semua Anggota DPRD Kota Tangsel, bahwa dalam pencegahan korupsi, yang paling utama yaitu integritas. “Tentu point utama yaitu integritas, karena sebagus apa pun sistem yang dibuat kalau integritasnya menurun akan jelek juga outputnya dan dari data yang ada di Kota Tangsel hingga saat ini terbilang bagus.”Tutupnya.


(Humas Protokol)