17 Mei 2024
Headline News

DPRD Kota Tangsel Menggelar 2 Agenda Rapat Paripurna

DPRD Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan Rapat Paripurna dalam rangka;

1). Penyampaian rekomendasi Laporan Pertanggungjawaban Walikota Tangerang Selatan Tahun Anggaran 2021; dan
2). Perubahan Susunan Alat Kelengkapan DPRD.

Rapat dengan Agenda pertama dihadiri oleh Walikota Tangerang Selatan dengan Wakil Walikota, Pimpinan dan Anggota DPRD serta Sekretaris Daerah beserta Jajaran. Dalam Rapat Paripurna kali ini Pimpinan menyampaikan Laporan Hasil Kerja Pansus LKPJ Tahun 2021 yang berisi: Rapat Pembahasan Pansus LKPJ Tahun 2021 yang diselenggarakan pada 6 April lalu dengan terkait saran dan informasi mengenai langka TAPD, selanjutnya pembahasan terkait Rapat yang diselenggarakan pada 7 April terkait pengagendaan Pansus LKPJ 2021 dengan TAPD sesuai dengan jadwal, dan yang terakhir pembahasan mengenai Rapat Finalisasi pada Senin, 11 April mengenai kesepakatan Pimpinan dan Anggota Pansus LKPJ 2021 yang diserahkan ke Rapat Badan Musyawarah pada 13 April 2022. Selain itu, Rapat Paripurna juga turut membahas kunjungan ke DPRD Kabupaten Karawang dari tanggal 4-6 April 2022 dan DPRD Kabupaten Purwakarta pada tanggal 7-9 April 2022 oleh Pansus LKPJ 2021 DPRD Kota TangSel dalam rangka peningkatan kapasitas pembahasan LKPJ Walikota Tahun 2021.

Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah harus berjalan sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam Pasal 20 Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 dimana dijelaskan, maksimal 30 hari setelah penerimaan LKPJ, DPRD wajib melakukan LKPJ dengan memperhatikan beberapa aspek, diantaranya: capaian kinerja program dan kegiatan serta pelaksanaan Perda atau Peraturan Kepala Daerah dalam perwujudan urusan Pemerintah Daerah yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan penyusunan perencanaan, penyususnan anggaran, penyususnan Perda dan Peraturan Kepala Daerah, dan Kebijakan Strategis Kepala Daerah untuk tahun yang sedang berjalan dan tahun-tahun berikutnya.

Untuk kemudian dilanjutkan kembali Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang Selatan dalam rangka Perubahan Susunan Alat Kelengkapan DPRD. Kamis, (14/4).